Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil




Ibu mengalami susah tidur saat mengandung? Mari kita telusuri solusi sehatnya.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil susah tidur nyenyak, mulai dari bertambahnya berat badan, rasa sakit yang dialami, hingga khawatir akan posisi tidur yang mungkin bisa membahayakan kandungan. Berikut ini ada 8 strategi untuk ibu agar bisa tetap tidur nyenyak meski perut sedang 'terisi'.

1. Jika ibu susah bernafas (misalnya karena kenaikan berat badan), maka sanggalah tubuh dengan beberapa bantal untuk memposisikan bayi jauh dari diafrakma sehingga paru-paru bisa lebih leluasa.

2. Sebaiknya ibu tidak minum lagi sesudah pk.18.00 untuk mengurangi kecenderungan buang air kecil saat hendak tidur. Hindari kafein juga. Dan, pastikan juga ibu minum cukup air pada sepanjang hari.

3. Cobalah untuk tidak terlalu berfokus pada rasa sakit yang mungkin sedang ibu rasakan. Menenangkan tubuh dan pikiran akan membantu ibu lebih cepat tidur daripada jika ibu terus mengeluh tentang rasa sakit yang muncul.

4. Mengonsumsi segelas susu hangat juga bisa membantu ibu cepat lelap. Kandungan laktosa bisa menstimulasi insulin yang mampu mendorong protein tryptophan dalam susu untuk mempengaruhi otak sehingga ibu bisa cepat terlelap. Jika ibu alergi laktosa, maka ibu bisa menggantinya dengan susu kedelai atau rice milk.

5. Ciptakan suasana temaram/ gelap dan tenang dalam kamar, serta sedapat mungkin gunakan tempat tidur untuk kegiatan tidur dan seks saja, bukan untuk ber-laptop ria atau aktivitas lainnya.

6. Nyalakan AC (biasanya ibu hamil mudah merasa kepanasan bukan?) sebab lebih mudah bagi seseorang untuk lelap dalam suasana sejuk.

7. Berbaringlah dengan posisi menyamping sebab ini adalah posisi paling nyaman untuk ibu hamil.

8. Jika kesulitan tidur terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter ya bu.

Selamat tidur, ibu. Mimpi indah. :)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL TERBARU